Categories
Tutorial

Mac jadi lamban karena upgrade Yosemite?

Macbook Air Gue

Semalam saya upgrade ke OS X 10.10 Yosemite, mumpung dapat koneksi internet yang cepat untuk download file sebesar 5 gb. Berhasil, tapi ternyata menyebabkan Macbook Air (MBA) saya yang agak jadul jadi lamban.

OS X Mavericks memakan RAM yang sangat banyak. Karena OS X Yosemite juga dikembangkan dari platform yang sama, maka OS terbaru dari Apple ini juga boros dalam penggunaan RAM. MBA saya cuma punya RAM 4 gb, selama ini lancar. Tapi kali ini tidak. Sempat berpikir untuk menambah RAM jadi 8 gb nanti di Indonesia. Tapi jadi ingat, pada prinsipnya jika banyak space yang kosong di hard drive, maka OS X bisa menggunakan space yang kosong sebagai virtual memory.

Karenanya saya coba langkah mudah pertama, yaitu mengosongkan space di hard drive sebelum mencoba solusi lain yang lebih rumit seperti reinstall. Saya menggunakan CleanMyMac 2 yang sangat berguna dan kali ini membersihkan tidak hanya sampah-sampah kecil seperti cache atau language files, tapi juga beberapa file besar yang tidak saya perlukan lagi. Sekitar 10 menit kemudian, tanpa harus reboot, MBA saya berjalan dengan lancar kembali.

Jika Mac kamu juga jadi lambat setelah upgrade, cobain dulu metoda ini sebelum mencoba metoda lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *