Categories
Projects

Kota Musik Podcast

podcast-kota-musik

Sudah lama saya ingin memiliki podcast show, mungkin sejak saya mulai blog ini di tahun 2006. Tapi tidak pernah terjadi karena saya baru berangan-angan saja dan tidak tahu musti mulai dari mana.

Akhirnya saya putuskan mulai saja merekam sebuah speech dan di-edit seadanya. Meski tanpa konsep dan rencana yang matang, saya terbitkan rekaman itu begitu saja di SoundCloud dan iTunes. Setelah merekam dan menerbitkan episode pertama, saya jadi melihat bahwa mengelola podcast show berarti ada kebutuhan perencanaan konten, penggunaan teknik produksi yang mumpuni, dan investasi untuk membeli alat yang memadai. Karenanya, podcast show menjadi lebih menarik lagi untuk saya, karena berarti saya bisa belajar banyak hal baru.

Apa itu Podcast?

Podcast adalah file audio digital yang disediakan di internet untuk di-stream pada komputer atau media player portabel. Biasanya podcast tersedia sebagai materi yang bersambung dan dapat diterima oleh pelanggan secara otomatis ketika ada konten baru.

Secara teknis, podcast dapat dinikmati tanpa sambungan internet cepat. Karenanya, menikmati podcast jadi sangat mudah dan bisa dilakukan dibanyak tempat seperti di mobil, di kendaraan umum, atau bahkan sambil berolahraga. Podcast juga cukup ideal di Indonesia karena masih sangat banyak yang menikmati siaran audio lewat radio.

Konten dan Peralatan Produksi

Untuk konten, saya memutuskan untuk fokus membicarakan Strategi Kota Musik, bidang keahlian langka yang sedang saya dalami. Meski sekarang masih langka dan belum banyak dibutuhkan, tapi semakin hari semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa strategi kota musik adalah faktor penting dalam membangun ekonomi kota modern. Saat ini, saya sedang menjadi konsultan Bekraf untuk membantu Pemerintah Kota Ambon membangun Ambon Kota Musik.

Sedangkan untuk peralatan, produksi podcast tidak membutuhkan peralatan yang rumit dan mahal. Meskipun demikian, ada beberapa alat yang bersifat mandatori seperti perekam dan software editor. Untuk itu, saya menggunakan perekam Zoom H2N, sebuah field recorder yang tangguh dan memiliki banyak fitur berguna. Untuk editing, saya menggunakan software open source Audacity yang ter-install di Macbook Air saya. Aksesori yang saya gunakan adalah stand mic dan pop filter merk Samson, serta headphone Audio Technica untuk keperluan monitor editing dan mixing. Saya juga menggunakan beberapa tool online, yaitu mengambil background sound dari Audionatix yang “YouTube” friendly, serta Auphonic untuk optimisasi audio.

Ikuti Kota Musik Podcast

Kamu bisa mengikuti Podcast Kota Musik di SoundCloud, iTunes maupun YouTube. Dengan berlangganan di kanal-kanal tersebut, kamu akan otomatis mendapatkannya setiap kali ada podcast baru.

3 replies on “Kota Musik Podcast”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *