Categories
App

App Minggu Ini: Authy untuk WordPress

Website ini sudah 2 kali kena hack. Yang pertama rasanya kesal karena sangat menyebalkan. Kena kedua kalinya tidak membuat saya jadi terbiasa. Rasanya sama menyebalkan.

Authy for WordPress

Menggunakan Authy membuat proses memberi 2 step verification untuk website atau app Anda menjadi sangat mudah. Banyak produk yang sudah di support, tapi seperti judulnya, saya akan fokus pada penggunaan Authy untuk WordPress (self-hosted).

Latar belakangnya, website ini sudah 2 kali kena hack.

Yang pertama rasanya kesal karena sangat menyebalkan. Kena kedua kalinya tidak membuat saya jadi terbiasa. Rasanya sama menyebalkan.

Ketika menemukan Authy untuk WordPress beberapa Minggu lalu saya seperti anak kecil kegirangan. Bagaimana tidak, rasanya ribet deh kalo masih harus mikirin keamanan blog, ini kan seperti disodorin solusi tanpa harus mikir lebih banyak. Karena udah kena 2 kali, jadi wajar jika saya resah. Dan gembira jika bisa memberi tambahan keamanan ke website ini.

Jadi apa yang dilakukan oleh Authy untuk WordPress? Dasarnya sudah dijelaskan di atas. Authy memberikan verifikasi 2 langkah ke website WordPress. Lewat metoda ini, website WordPress akan terlindungi dari penggunaan password reuse, phishing dan keylogger attack.

Untuk mulai menggunakan Authy untuk WordPress, ada 3 hal yang perlu dilakukan. Yaitu (1) Mendaftarkan akun Authy, dan (2) Meng-install Authy plugin di website WordPress, dan (3) Meng-install Authy app di iOS atau Android (opsional).

1. Mendaftar Akun Authy (dapatkan API)

Mendaftarlah seperti mendaftar ke website lain. Sebagai tambahan, Anda juga perlu mendaftarkan nomer selular Anda di Authy. Setelah mendaftar, Anda hanya perlu memilih Add New Application, berikan nama website Anda. Kemudian Anda akan mendapat apa yang dinamakan Production API dan Testing API. Keduanya akan Anda butuhkan untuk setelan di website WordPress nanti.

Authy Sign Up

2. Meng-install Authy WordPress Plugin

Silahkan install Authy WordPress Plugin dari repository plugin WordPress. Kemudian di laman setting, Anda akan menemukan field untuk memasukkan Production dan Development (Testing) API. Setelah itu, jika ada pengguna selain Anda, pilih role yang memerlukan penggunaan metoda verifikasi ini (saran: semua).

Authy for WordPress install

3. Install Authy App di iOS atau Android

Ketika Anda login di website WordPress Anda setelah meng-install Authy, maka 2 step verification sudah aktif. Anda akan diminta memberikan sejumlah angka yang dibuat secara acak oleh Authy. Untuk mendapat nomer ini Anda bisa memilih opsi untuk dikirimi SMS. Tapi, jika Anda memilih untuk meng-install app di ponsel iOS atau Android Anda, maka Anda hanya perlu launch app tersebut, pilih Authy Dashboard, dan Anda sudah mendapat nomernya. Nomor ini hanya bertahan 30 detik dan akan diubah otomatis jika sudah lewat waktunya. Pastikan Anda memasukkannya ke kolom login WordPress Anda sebelum waktu habis.

Authy app for iOS

Selamat menikmati keamanan tambahan di website WordPress Anda! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *