Categories
Tutorial

Cara Mengganti Password WordPress Lewat phpMyAdmin

Icon ganti password. Sumber: Tamy Lemos.
Icon ganti password. Sumber: Tamy Lemos.

Mengganti password admin WordPress adalah salah satu pengetahuan yang penting. Mengapa? Karena jika tiba-tiba tidak bisa login ke website WordPress maka cara paling gampang adalah mengganti password lewat phpMyAdmin.

Caranya gampang, saya temukan lewat WordPress Codex.

1. Cari Database yang digunakan

Asumsinya kamu menggunakan akun hosting untuk menyimpan beberapa website dan beberapa set database. Jadi, pertama-tama ya temukan dulu database yang digunakan website kamu. Cara paling mudah adalah membuka folder root website dan melihatnya lewat file wp-config.php. Biasanya bentuknya begini:

define('DB_NAME', 'nama_database');

2. Login ke phpMyAdmin

Setelah ketemu, login ke administrasi database di phpMyAdmin. Gunakan username yang bisa mengakses databse tersebut. Informasi ini juga ada di file wp-config.php biasanya berbentuk seperti dibawah ini:

/** MySQL database username */
define('DB_USER', 'ini_username');

/** MySQL database password */
define(‘DB_PASSWORD’, ‘ini_password‘);

3. Cari admin username WordPress di Database

Di dalam administrasi phpMyAdmin ada wp_users. Klik, kemudian klik ikon berbentuk pensil untuk meng-edit. Di bawah kolom user_login, adalah username yang ingin diubah. Di bawah value adalah password yang akan diubah.

4. Ganti Password

Karena alasan keamanan, WordPress menyimpan password dalam format MD5, jadi bentuknya seperti angka, huruf serta tanda baca acak.

Maka dari itu, silahkan gunakan alat di halaman ini. Ketikkan password baru di field input kemudian klik icon md5. Copy teks yang keluar dikolom result dan paste di kolom password di database website kamu. Klik Go untuk menyimpan perubahan.

Semoga berguna.

One reply on “Cara Mengganti Password WordPress Lewat phpMyAdmin”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *