Mengunjungi Google Campus London

Campus-London-Front

Saya mencari coworking space untuk menghabiskan waktu hari pertama saya di London. Bisa saja saya bekerja di penginapan, tapi sayang dong udah terbang 14 jam tapi ngobrolnya masih dengan orang di kampung halaman lewat Twitter hehehe.

Lebih baik keluar. Siapa tahu bertemu kenalan baru yang bisa berbagi gagasan dan inspirasi.

Coworking Space di London

Lewat pencarian di Google Maps tampak banyak sekali bisa ditemukan tempat sejenis. Atau juga bisa menemukan lewat website direktori coworking di London. Setelah browsing beberapa lama, akhirnya saya memutuskan untuk bekerja di Soho Collective, di kawasan Soho, London. Meski £35 untuk tarif perhari masih tinggi, paketnya paling masuk akal dibanding yang lain, yang kebanyakan harus sewa tempat minimal seminggu. Fasilitas yang di dapat adalah bisa bekerja seharian di sana dan mendapatkan koneksi internet super cepat, teh dan kopi gratis, dan fasilitas printer. Belum lagi lokasinya yang strategis dan pastinya lingkungan yang mendorong berpikir kreatif. Saya coba hubungi kantor mereka lewat email dan dibalas dan dibantu oleh Simon, salah satu pengelola tempat.

Saya pun berangkat dan tiba di daerah Soho setelah berjalan dari stasiun Leicester Square. Menurut Google Maps, jarak dari stasiun ke lokasi cukup dekat dan hanya perlu berjalan selama kurang lebih 4 menit. Setelah tiba di lokasi sesuai map, saya agak bingung dengan sistem penomoran gedung, dan tidak bisa menemukan nomor 12. Bolak-balik sampai saya mulai tidak sabar. Akhirnya karena perut juga lapar, saya pergi ke Subway terdekat dan mengirim email lagi ke Simon mengatakan bahwa mereka harus membenahi direksi menuju lokasi karena sulit ditemukan.

Disaat yang sama saya juga sedang berkomunikasi dengan kawan baru, namanya Arya. Dia mahasiswa bisnis musik di Universitas Westminster, London. Kami memang sudah sudah janjian untuk bertemu di hari tersebut. Saya tanya Arya di mana coworking space yang dia rekomendasikan. Karena jika saya sudah masuk dan membayar di Soho Collective, maka sayang harus bertemu Arya dan meninggalkan sewa meja senilai kurang lebih Rp 700 ribu per hari tersebut.

Arya bilang, “Ada anu…, anu…, anu…, ada juga Google Campus, Mas!”
Mood saya yang turun drastis karena sangat kecewa dengan Soho Collective yang sulit ditemukan, berubah jadi kembali semangat, “Oh ada Google Campus? Mauuuuuuuuu!”. Singkat cerita, kami berangkat ke sana.

Tentang Google Campus London

Campus-London-Inside

Google Campus London atau biasa disebut Campus London adalah gedung 7 lantai yang dikembangkan oleh Google dan didedikasikan untuk kesuksesan startup lokal lewat program-program kolaborasi, mentoring dan networking. Tempat yang ada fasilitas wifi yang super cepat, café, suasana networking, event sharing dan coworking space ini adalah bagian dari program Google for Entrepreneurs.

Apakah program ini berhasil? Menurut riset ke 2,000 member (total 22,000 member) sebagai narasumber, dalam 12 bulan terakhir sejak laporan diterbitkan pada Desember 2013, ada 100,000 pengunjung yang berhubungan dengan kewirausahaan mengunjungi Campus London. Komunitas Campus juga telah menciptakan 564 pekerjaan baru dan menghasilkan pendanaan £34 juta. Rata-rata tim tumbuh 25% sejak mereka pertama kali tiba dan menjadi anggota Campus, dan anggota Campus berasal dari 61 negara. Campus lokal yang global.

Meski kebagian meja di luar karena di dalam sudah sangat penuh, tempat ini membuat saya senang luar biasa. Duduk dan bekerja di coworking space-nya sangat memancing kreativitas. Obrolan saya dengan Arya berapi-api dan membahas banyak gagasan. Saya pribadi merasa ide mengucur keluar dengan lancar. Setelah bekerja dan sharing kurang lebih 1 jam, kami mulai merasa kedinginan karena hari sudah menjelang sore. Kami mencoba mencari tempat lagi di dalam, tapi memang sudah penuh. Akhirnya kami memutuskan untuk mencari tempat lain.

Kami pindah ke restoran cepat saji EAT di wilayah yang sama. Di sana juga memiliki koneksi internet gratis lewat kerjasama dengan jaringan The Cloud. Terasa sekali lingkungan Campus memang menstimulasi kreativitas. Terbukti, ketika bekerja di EAT yang suasananya seperti fast food biasa, semua inspirasi yang keluar dengan menggebu-gebu hilang seketika.

Bagaimana Menggunakan Fasilitas Google Campus

Siapa saja yang berada di London bisa menggunakan fasilitas coworking dan wifi secara gratis (berbeda jika ingin menjadi residen). Caranya mudah, hanya dengan mendaftar menggunakan akun Google, Twitter, atau LinkedIn (nggak bisa pake Facebook! :p), kamu akan diberi kartu seperti di bawah ini. Gunakan setiap kali datang ke Campus.

Campus London Card

Foto-foto lain Campus London ada di bawah ini. Yang pasti kunjungan singkat saya ke tempat ini sangat berkesan. Pasti saya akan mengunjungi Campus lagi jika kebetulan ada di London atau di negara-negara lain. Top!

Campus-Cafe

Cafe

Majalah-Dinding

bola-meja

Author: Robin

Jack of all trades living in SF Bay Area, California. Asian.

0 thoughts on “Mengunjungi Google Campus London”