Categories
Tutorial

Masalah Macbook Air Tidak bisa Login ke Captive Portal

login

Minggu ini saya kembali berkunjung ke Inggris. Di kunjungan sebelumnya saya menggunakan 3 untuk keperluan data mobile dan kecewa. Jadi kali ini, sesampai di airport Heathrow, saya memutuskan untuk membeli Vodafone. Benar, sinyalnya jauh lebih bagus. Bahkan di lokasi-lokasi yang agak terpencil di London sekalipun. Tapi harga paket data jauh lebih mahal. Dengan harga £25, saya hanya mendapat data 1 gb saja. Karena keterbatasan tersebut, saya harus menggunakan paket data mobile dengan bijak. Untungnya ada jaringan seperti The Cloud (thanks Arya!). Yaitu jaringan WiFi gratis yang dapat ditemui di banyak hotspot di seluruh United Kingdom.

Tapi muncul masalah baru. Entah kenapa, Macbook Air (MBA) yang saya gunakan tidak bisa login ke Captive Portal yang biasa digunakan oleh layanan WiFi internet di hotel, restoran atau tempat umum lainnya. Biasanya setelah melacak jaringan WiFi dan bisa langsung tersambung tanpa password, akan keluar halaman otentikasi. Sesudah itu tinggal masukkan credential login dan bisa online. Tapi halaman otentikasi tidak kunjung keluar. Saya menghadapi masalah ini seharian dan membuat frustrasi. Masalahnya lagi yang bikin semakin kesal, ini tidak terjadi tidak di Nexus 4 dan iPad saya. Masalahnya hanya ditemui di Macbook Air.

Lewat pencarian di Google, captive portal bisa di definisikan sebagai berikut:

The captive portal technique forces an HTTP client on a network to see a special web page (usually for authentication purposes) before using the Internet normally. A captive portal turns a Web browser into an authentication device.

Jadi logikanya, jika halaman login tidak keluar di browser, yang perlu dilakukan adalah mencari default http address-nya saja. Usut punya usut, ternyata ketemu. Tinggal ketikkan http://192.168.1.1 atau klik link ini. Halaman login akan terbuka. Masukkan login credential. Selesai.

Update:
Malam hari setelah sukses memecahkan masalah dengan metoda di atas, MBA saya bermasalah lagi dengan WiFi hotel. Kali ini yang harus dilakukan adalah membersihkan cache dari Captive Network Assistance.

Caranya mudah:
1. Buka browser Firefox (saya tidak mencoba yang lain, karena dianjurkan menggunakan Firefox).
2. Ketikkan URL apa saja. Misalnya, google.com. Tekan Enter.
3. Tunggu timeout. Mungkin sekitar 2-3 menit.
4. Setelah timeout, matikan WiFi dan restart Mac.
5. Setelah komputer menyala penuh, buka lagi Firefox dan ketikkan URL apa saja.

Jika semua berjalan dengan lancar, setelah langkah ke 5, akan terbuka halaman login jaringan WiFi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *