Categories
Discoveries

Creativity Kills

Beberapa hari yang lalu saya baca buku Creativity in Business dari Carol Kinsey Goman. Sebuah teks book kecil dengan harga murah yang sama sekali tidak terlihat pintar. Di halaman pertama teks book, seperti biasa ada definisi atau pokok pikiran dari masalah yang penulis coba ulas, sebagai deskripsi awal. Disitu ada cerita seperti ini, ‘Sebatang besi berharga 5 dollar. Jika anda menempa besi itu menjadi sepatu kuda, nilainya meningkat menjadi 10,5 dollar. Jika besi itu dibuat jarum, nilainya meningkat menjadi 3,285 dollar. Dan jika anda membuat per jam dari besi tersebut maka nilainya menjadi 250.000 dollar. Perbedaan antara 5 dollar dan 250.000 dollar itulah yang dimaksud dengan kreativitas’.

Terkadang kita memang melihat sebuah benda ya seperti benda itu saja. Harfiah saja, kalo liat sebongkah besi, ya dilihat seperti besi saja, ngga kepikir kalau besi itu bisa diolah menjadi benda lain. Kalo rocker, bergajulan, ya begitu saja ngga bisa jadi apa-apa. Nah, pas sudah mentok, teriak-teriak menyalahkan dunia karena kemiskinan lahiriah-nya. Padahal, hal tersebut semata-mata karena kebutaan kita sendiri. Ya, sudah buta, keras kepala pula.

Hidup memang susah. Tetapi jika tidak malu, dan dengan modal kreativitas dan sedikit keberanian menentang pakem, ngga ada yang susah. Bahkan menjual lalat sekalipun (sebuah wawasan – I’M STOKED edisi lalu) bisa menjadi medium mencari nafkah. Perlu kerja keras dan pengetahuan operasional, tentu. Banyak yang fail disitu. Tapi fuck lah, even the hardest thing is not that hard. Jadi, kenapa tidak?

– Lowrobb April 2005 –

Originally published in I’M STOKED!! newsletter, April 2005

One reply on “Creativity Kills”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *