Categories
Tutorial

Cara Download Gmail

Gmail-Cookies

Jika kamu punya 1 akun Google, maka otomatis bisa menggunakan berbagai macam layanan yang disediakan Google. Setiap menggunakan layanan tersebut, maka kamu akan menyimpan data di akun tersebut. Misalnya menerima email di Gmail, maka ada arsip email di akun Gmail. Menggunakan Calendar untuk mengatur meeting, maka akan ada arsip di akun Calendar. Sharing dokumen di Drive, maka akan ada arsip di akun Drive. Dan seterusnya. Google membolehkan pengguna untuk men-download data dari akunnya untuk keperluan backup.

Caranya begini:

1. Pilih layanan yang ingin di download

Silahkan ke halaman Data Download. Sign-in menggunakan akun Google yang akan kamu download. Pilih account mana saja yang ingin kamu download. Kalau saya hanya memilih Mail, Calendar dan Drive. Karena saya hanya menggunakan layanan-layanan tersebut. Sesudah memilih, maka klik Next.

Google Account Data-Download

2. Pilih Metoda Download

Kamu bisa memilih format yang akan di download. Pilihannya adalah .zip, .tgz, atau .tbz. Jika kamu merasa tidak pasti, pilih .zip karena cara unzip-nya nanti lebih umum. Kemudian ada 2 cara untuk mengambil file, yaitu download ke komputer atau disimpan di akun Google Drive. Saya memilih download, dan Google akan mengirimkan link download-nya lewat email.

Archive

3. Tunggu dan Download

Setelah itu Google akan membuat file arsip secara otomatis, arsip inilah yang nanti bisa kita download. Lama pembuatan arsip tersebut tergantung besarnya file di akun Google, biasanya beberapa jam. Sesudah selesai Google akan memberitahu lewat email.

Sumber gambar: Anne Peterson (CC BY-NC-ND 2.0).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *